Kamis, 21 April 2011

resensi buku

Resensi buku
                          
Judul                : panduan media siaran dan online melacak jurnalisme media
Penyunting        : atmakusumah dan maskun iskandar
Penerbit            : RMBooks dan PWI
Tahun terbit      : januari 2011
Halaman           : XXI+183 hal

Tidak banyak karya yang mengenai jurnalisme telivisi,  padahal kegiatan jurnalisme ini sangat dekat dengan ruang – ruang personal keseharian kita. Masyarakat lebi banyak mengakses media televisi ketimbang media cetak.
Buku yang berjudul panduan media siaran dan online, melacak jurnalisme media siaran dan internet yang merupakan satu diantara 15 buku yang diterbitkan PWI pada awal 2011 dapat mengisi kekosongan studi mengenai tema ini
Ditulis oleh para praktisi sekaligus ahli dalam bidang jurnalistik, membuat distingsi tersendiri dari buku ini dibandingkan buku – buku lainnya. Penguasaan pengetahuan dan luasnya pengawasan dalam menjalankan tugas dimedia televisi menjadikan buku ini padat informasi dan sangat pas untuk jadi panduan para wartawan.
Seperti yang ditulis oleh pius pope dan Abdullah alamudi tentang bagaimana menulis siaran dan melakukan wawancara. Ditulis dengan gaya yang mengalir, sederhana, tapi tetap tidak menghilangkan kesan bobot tulisannya. Pembaca pemula akan dengan mudah dibimbing untuk melakukan langkah – langkah yang disarankan oleh si penulis yang sangat berpengalaman ini
Sementara bagi yang advance juga tidak kalah pentingnya setiap ulasan yang dihadirkan di buku ini terdapat teknik – teknik terbaru yang mampu dihadirkan oleh penulis buku ini yang jarang dilakukan oleh para wartawan dilapangan.
Kelebihan buku ini terletak pada data yang disajikan oleh para penulis ketika mengulas mengenai sejarah jurnalisme televisi serta praktik cyber-journalism para penulis ini mampu menghadirkan perspektif baru dalam pendekatan maupun substansi bahasan. 

sumber :koran kompas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar